10 Ide Menu Buka Puasa Praktis dan Hemat untuk Keluarga

rasyiqi
By rasyiqi
3 Min Read
a living room with a couch and a table

Saat bulan Ramadan tiba, kita semua berusaha untuk menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Selain itu, kita juga harus mempersiapkan hidangan yang lezat dan bergizi untuk berbuka puasa bersama keluarga. Namun, seringkali kita kehabisan ide dan waktu untuk memasak menu-menu yang praktis dan hemat.

Tidak perlu khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan Anda 10 ide menu buka puasa praktis dan hemat yang pasti disukai oleh seluruh keluarga. Mari kita simak bersama!

1. Nasi Goreng Ayam

Siapa yang tidak suka nasi goreng? Menu ini sangat praktis dan bisa disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Tambahkan potongan ayam, sayuran, dan bumbu-bumbu favorit Anda untuk mendapatkan nasi goreng yang lezat.

2. Soto Ayam

Soto ayam adalah hidangan tradisional Indonesia yang sangat populer. Tambahkan potongan ayam, mie, telur rebus, dan bumbu-bumbu yang khas untuk mendapatkan soto ayam yang enak dan lezat.

3. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah hidangan yang cocok untuk buka puasa karena kandungan karbohidrat dan proteinnya yang tinggi. Tambahkan potongan ayam, daun bawang, dan bumbu-bumbu untuk mendapatkan bubur ayam yang lezat dan mengenyangkan.

4. Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah hidangan sayuran yang kaya akan nutrisi. Tambahkan berbagai macam sayuran seperti labu, kacang panjang, dan tahu ke dalam kuah santan yang lezat. Sajikan dengan nasi hangat untuk menu buka puasa yang sehat dan lezat.

5. Tumis Kangkung

Tumis kangkung adalah menu yang praktis dan hemat. Tambahkan bawang putih, cabai, dan saus tiram untuk memberikan rasa yang lezat pada kangkung. Sajikan dengan nasi putih atau mie goreng untuk hidangan yang lengkap.

6. Ayam Goreng Crispy

Ayam goreng crispy adalah hidangan yang disukai oleh banyak orang. Tambahkan bumbu-bumbu favorit Anda pada ayam, lalu goreng hingga renyah. Sajikan dengan nasi atau lontong untuk hidangan yang lezat dan mengenyangkan.

7. Mie Goreng

Mie goreng adalah hidangan yang praktis dan cepat untuk buka puasa. Tambahkan sayuran, daging, dan bumbu-bumbu favorit Anda untuk mendapatkan mie goreng yang lezat dan mengenyangkan.

8. Nasi Kebuli

Nasi kebuli adalah hidangan khas Timur Tengah yang cocok untuk hidangan buka puasa. Tambahkan daging kambing, kismis, dan bumbu khas untuk mendapatkan nasi kebuli yang lezat dan aromatik.

9. Pepes Ikan

Pepes ikan adalah hidangan tradisional Indonesia yang terbuat dari ikan dan bumbu-bumbu yang dibungkus dalam daun pisang. Panggang pepes ikan hingga matang untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan sehat.

10. Es Buah

Untuk hidangan penutup, es buah adalah pilihan yang segar dan sehat. Potong berbagai macam buah-buahan segar seperti jeruk, semangka, dan melon. Tambahkan sirup dan es serut untuk mendapatkan es buah yang lezat dan menyegarkan.

Itulah 10 ide menu buka puasa praktis dan hemat untuk keluarga. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda untuk memasak hidangan yang lezat dan bergizi selama bulan Ramadan. Selamat mencoba!

Share This Article